Hi ...
thanks for stopping by at my beloved Kitchen around the world ....
this humble Blog contains the various kinds of things that happen around us everyday ..
that
can be an inspiration for filling the day ..
and
also the documentation of the work of culinary from various parts of the world,
that I've been created during this time ..
specially from my beloved country, Indonesia ...
as memories for the children and my grandchildren later ..
also for the spirit to go ahead ..
hopefully can provide benefits for everybody who reads this Blog ..
happy browsing ..... :D

Thursday, January 6, 2011

Cetakan Kue Pukis ~ Kue Pancong



Cetakan seperti contoh diatas ini terbuat dari besi, dapat digunakan untuk membuat Kue Pukis dan bisa juga digunakan untuk membuat Kue Pancong, cara menggunakannya adalah langsung diletakkan diatas api kompor

* Tips sebelum menggunakan loyang ini agar tidak lengket :
- cuci bersih dengan air hangat + sabun, basuh dengan sponge lembut, keringkan
- letakkan diatas kompor, nyalakan api kecil, olesi cetakan sedikit dengan minyak, jangan kaget bila keluar warna hitam, bersihkan minyak yang sudah berwarna hitam tadi, olesi lagi dengan minyak, bersihkan lagi minyak yang berwarna hitam
- lakukan terus sambil tetap dipanaskan selama kurang lebih 30 menit dan warna hitam tidak keluar lagi, matikan api
- bersihkan sisa minyak hingga benar-benar bersih, loyang siap digunakan
- bila sudah selesai digunakan, cuci bersih dengan air panas untuk menghilangkan sisa-sisa adonan dan lemak yang menempel, bersihkan hingga benar-benar bersih tanpa menggunakan sabun, keringkan.

6 comments:

  1. Assalamu'alaikum Wr Wb

    Met siang Bu, duh saya pengen tau nih + nanya hehehe...

    Dimana ya sy bisa mendapatkan cetakan kue pukis seperti gambar diatas di daerah jambi ?

    atau kl Ibu ada jual, gimana ?

    Mhn jawaban lsg aja sms ke hp sy, karena sy punya rencana untk jualan kue dalam wkt dekat nih

    Makasi Bu,

    Ahmad Arifin
    (Antonius Arif)
    085266265303

    ReplyDelete
  2. wa alaikum salam wr.wb

    wah, maaf sekali pak Ahmad, saya baru lihat komen Bapak, jadi baru dijawab sekarang ... sekali lagi mohon maaf ...
    saya membeli loyang/cetakan pukis ini dari salah satu Toko Bahan Kue (TBK) di daerah Serpong, kebetulan dekat dari daerah saya tinggal di Jakarta ... jadi saya mohon maaf sekali, kalau untuk daerah Jambi saya kurang tahu ya Pak, tapi Bapak bisa coba cari di internet, setahu saya ada beberapa toko online yang melayani pembelian sekaligus pengiriman barangnya ke seluruh Indonesia, silakan di search saja ya Pak, mohon maaf saya tidak bisa membantu banyak ...

    salam,
    dapur Deana

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat bgt tipsnya bu.. Kebetulan lg cari cara menghilangkan warna hitam di cetakan kue pancong yang baru saya beli. Semoga bisa deh.. Thanks a lot. Salam kenal.

    ReplyDelete
  4. kebetulan sy br beli cetakan kue cubit bentuk angry bird, sempat shock krn tiba2 menghitam cetakannya sth sy beri margarin...stlh browsing ternyata di srh nuang minyak berkali2, skrg lumayan berkurang kerak hitamnya,krn bentuk angry bird agak susah hilangin kerak di bagian mata jg alisnya.pertanyaan sy apakah sdh boleh digunakan meskipun msh ad kerak hitam sedikit itu?
    terima kasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  5. Maaf bu, aku mw tanya, kebanyakan liat cara bersihinnya kan keluar hitan2 ya bu, tpi saya udh pake minyak kok ga hitam2 ya minyaknya?

    Sblmnya pas masak, kue nya emg ga warna hitam bu, tapi metalik kayak cetakannya, itu bagaimana ya bu?

    ReplyDelete
  6. Hallo, salam kenal.

    Boleh info beli cetakannya dimana yg persis seperti itu? Saya tinggal daerah jakarta selatan. Kalau ada nama toko / alamat boleh bantu sy info yaa. Karena keliatannya itu bahannya tebal. Sy beli di online bahan krg bagus.

    Terima kasih sebelumnya.
    Merli
    081285401602

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...